Daftar Isi:
  • Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, tahun 2007. Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan “Bagaimana hasil belajar yang diperoleh siswa setelah menggunakan Computer Based Instruction Multimodel jika dibandingkan dengan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru dalam pembelajaran Sains di Sekolah Dasar?”. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji Mann Whitney. Permasalahan khusus dalam penelitian ini, adalah: 1) Bagaimana perbedaan kemampuan aspek pemahaman konsep dalam pembelajaran Sains antara siswa yang menggunakan Computer Based Instruction Multimodel dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru?, 2) Bagaimana perbedaan kemampuan aspek identifikasi konsep dalam pembelajaran Sains antara siswa yang menggunakan Computer Based Instruction Multimodel dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru?, 3) Bagaimana perbedaan kemampuan aspek mengelompokkan data pada mata pelajaran Sains antara siswa yang menggunakan Computer Based Instruction Multimodel dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru?. Kesimpulan umum yang diperoleh dari penelitian ialah Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar dengan menggunakan CBI Multimodel lebih baik daripada pembelajaran Sains dengan menggunakan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru. Temuan lebih khusus dari kesimpulan di atas dapat dijabarkan sebagai berikut: Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar dengan menggunakan CBI Multimodel lebih baik daripada pembelajaran Sains dengan menggunakan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru dalam kemampuan aspek pemahaman konsep. Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar dengan menggunakan CBI Multimodel lebih baik daripada pembelajaran Sains dengan menggunakan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru dalam kemampuan aspek identifikasi konsep. Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar dengan menggunakan CBI Multimodel lebih baik daripada pembelajaran Sains dengan menggunakan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru dalam kemampuan aspek mengelompokkan data.