PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII Pada Pokok Bahasan Bekerja dengan Dokumen Word Di Sekolah Menengah Pertama Muslimin Cililin
Main Author: | Yunita Nur'saadah, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/62077/1/s_ktp_060292_table_of_content.pdf http://repository.upi.edu/62077/2/s_ktp_060292_chapter1.pdf http://repository.upi.edu/62077/3/s_ktp_060292_chapter2.pdf http://repository.upi.edu/62077/4/s_ktp_060292_chapter3.pdf http://repository.upi.edu/62077/5/s_ktp_060292_chapter4.pdf http://repository.upi.edu/62077/6/s_ktp_060292_chapter5.pdf http://repository.upi.edu/62077/ http://repository.upi.edu/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, yaitu “’Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Picture and Picture pada aspek kognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Muslimin Cililin Kelas VIII ?”. Secara lebih rinci rumusan masalah terdiri dari (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar aspek pengetahuan (C1) siswa kelas VIII SMP Muslimin Cililin pada mata pelajaran TIK Pokok bahasan bekerja dengan dokumen word?; (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar aspek pemahaman (C2) siswa kelas VIII SMP Muslimin Cililin pada mata pelajaran TIK pokok bahasan bekerja dengan dokumen word?; (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Make A Match dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar aspek penerapan (C3) siswa kelas VIII SMP Muslimin Cililin pada mata pelajaran TIK pokok bahasan bekerja dengan dokumen word?” Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent control group design menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol tanpa penugasan random. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muslimin Cililin. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Sampling. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan bekerja dengan dokumen word adalah: 1) pada ranah kognitif model pembelajaran kooperatif Make A Match lebih signifikan dari pada model pembelajaran Picture and Picture; 2) pada aspek pengetahuan model pembelajaran kooperatif Make A Match lebih signifikan dari pada model pembelajaran Picture and Picture; 3) pada aspek pemahaman model pembelajaran kooperatif Make A Match lebih signifikan dari pada model pembelajaran Picture and Picture. 4) pada aspek penerapan model pembelajran kooperatif Make A Match tidak signifikan dari pada model pembelajaran Picture and Picture. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match dan Hasil Belajar Siswa