PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI ALAT-ALAT OPTIK: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 1 Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah guru kelas di SDN 1 Cipetir yang dalam mengajar lebih banyak dengan menggunakan metode ceramah namun tidak melihat pada masalah yang dihadapi oleh siswa mengenai materi yang sulit dipahami oleh siswa, aktivitas guru kurang kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran, akibatnya guru sering kali mengabaikan proses pengalaman belajar akan menambah nilai hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA secara optimal. Dimana siswa tidak hanya menghafal informasi melainkan memahami prinsip yang melandasi pengetahuan, tumbuh sikap keingintahuan dan bertanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), yang dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 29 siswa, instrument yang digunakan peneliti adalah tes tertulis, lembar observasi, lembar kerja siswa. Dari hasil penelitian menggunakan alat peraga ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata siswa sebelum diterapkannya penggunaan alat peraga, hasil perolehan rata-rata siklus I 61.3 % dan setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam siklus II didapat nilai rata-rata 66,8 %, selanjutnya peneliti melaksanakan siklus III dan hasil nilai rata-rata anak lebih meningkat dari siklus I dan II yaitu 80,2 %. Dari hasil penerapan penggunaan alat peraga ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.