Daftar Isi:
  • Pendekatan Pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan pemecahan masalah yang berfokus pada keterlibatan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan tugas-tugas bermakna, member peluang siswa bekerja secara mandiri untuk menghasilkan sesuatu yang bermakna bagi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang kesebangunan bangun datar dan memperoleh gambaran pelaksanaan dalam pembelajaran tentang kesebangunan bangun datar dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrument yang digunakan berupa LKS, tes siklus 1, tes siklus 2, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil dari pelaksanaan PTK ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Peningkatan hasil belajar ini ditunjukkan dengan perubahan skor dan perubahan rata-rata skor siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa dapat juga dilihat dari rata-rata gain yang dinormalisasi sebesar 0,39 untuk siklus I ke siklus II. Selain dilihat dari gain, jg dilihat dari rata-rata nilai dan DSK (Daya Serap Klasikal) menunjukkan kenaikan yakni pada siklus I nilai rata-rata 66 dan DSK 60%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 78,75 dan DSK 87,5%. Dengan demikian pendekatan pemecahan masalah dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika khususnya tentang kesebangunan bangun datar.