Daftar Isi:
  • Penelitianinidilakukanuntukmemperbaikipembelajaran IPA di SD khususnyadi kelas V, yang mananilaiulanganhariansiswamatapelajaran IPA konsepcahayamasihrendahdanjauhdari KKM yaitunilai KKM yang ditentukanadalah65.Dari 41 siswahanya31siswaataubaru76 % yang mencapai KKM.Hal inidisebabkanpembelajaran IPA selamainimasihmenggunakanmetode lama ataumetodeceramah, yang manasiswakurangaktifdantidakterlibatlangsungdalampembelajaransehinggahasilbelajarsiswakurangmemuaskan.Berdasarkanhaltersebut, salahsatuupayauntukmemperbaikidanmeningkatkaniklimpembelajaran IPA yaitudenganmenerapkanpendekatan Discovery.Berdasarkanlatarbelakangmasalah di atas, munculahbeberapapermasalahanyaitu : (1) Bagaimanapenerapanpendekatan discovery dalampembelajaran IPA padakonsepcahaya di kelas V SDN Pasirangin 01?(2) Bagaimanapeningkatanhasilbelajarsiswadalammempelajarikonsepsifat-sifatcahaya yang disajikandenganmenggunakanpendekatan discovery dikelas V SDN Pasirangin 01?(3) Bagaimanahasilrelajarsiswadalampembelajaran IPA padakonsepcahayadenganpendekatan discovery di kelas V SDN Pasirangin 01? .Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas yang terdiridari. tigasiklusdenganlangkah-langkahpenelitian yang meliputiperencanaantindakan, pelaksanaantindakan, observasitindakan, evaluasidanrefleksi yang menjadiacuanperencanaantindakanselanjutnya. Instrumen yang digunakarndalampenelitianiniadalahLembarKerjaSiswa, Tesakhir, LembarObservasidanWawancara. Dari temuandanperolehan data dapatdiperolehkesimpulanbahwadenganmenggunakanpendekatan discovery hasilbelajarsiswapadakonsepcahayamengalamipeningkatan. Berdasarkan data daripenelitiannilai rata-rata postes I adalah31siswa yang mendapatnilailebihdari 65 mencapai76 %, nilai rata-¬rata postes II adalah33siswa yang mendapatnilailebihdari 65 adalah80 %, nilai rata-rata postes III sebesar35siswa yang mendapatnilailebihdari 65 telahmencapai85 %. Respon yang diberikansiswatermasukkategoribaik.Sebagaiimplikasidarihasilpenelitianinidikemukakanbeberaparekomendasiyang diharapkandapatmemberikansumbanganpenelitiandalamupayaperbaikankegiatanpembelajaran di sekolahyaitudalam proses belajarmengajarhendaknyaguru mencobapenerapan model pembelajaran discovery, karenamelaluipenerapanmodel pembelajaran discovery terbuktidapatmeningkatkanpemahamansainssiswasertahasilbelajarsiswadapatmeningkat.