Daftar Isi:
  • Penelitian didasari pada kondisi pembelajaran IPA di SDN Bojong Rawalumbu 5 Kota Bekasi bahwa proses pembelajaran masih menerapkan metode klasik serta jarang memanfaatkan media pembelajaran, oleh karenanya proses pembelajaran masih kurang menarik antusias siswa untuk turut aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan kanal Youtube dengan fitur Virtual Reality khususnya pada mata pelajaran IPA mengenai materi Pengenalan Hewan dan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas 5 SD Bojong Rawalumbu 5 Kota Bekasi sejumlah 40 siswa dengan sampel 10 peserta didik. Teknik analisis instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini adalah: (a) Proses pemanfaatan kanal Youtube Virtual Reality proses pembelajaran dilakukan beberapa tahap yaitu analisis, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. (b) Pada proses evaluasi mendapatkan hasil belajar yang cukup memuaskan dimana rata rata nilai siswa melebihi kiteria ketuntasan minimal. (c) Kesan yang diberikan oleh siswa terhadap proses pembelajaran pemanfaatan Youtube Virtual Reality mendapatkan kesan yang “Baik” dari berbagai macam aspek yakni membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan, membantu mengingat materi yang diajarkan dan menarik perhatian terhadap penggunaan media pembelajaran.