PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR-TIER TEST SIMPLE HARMONIC MOTION (FTT-SHM) UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen four-tier dan mengidentifikasi miskonsepsi perserta didik pada materi gerak harmonik sederhana. Partisipan yang terlibat dalam pengukuran instrumen Four-Tier Test Simple Harmonic Motion (FTT-SHM) adalah 31 peserta didik SMA. Desain penelitian menggunakan model 3D + 1I (Defining, Designing, Developing, & Implementing). Instrumen terdiri dari 10 butir soal yang telah dianalisis menggunakan model Rasch. Hasil analisis item fit menyatakan bahwa instrumen sudah memenuhi kriteria sehingga tidak perlu ada soal yang diganti dengan nilai realibilitas item 0.79 termasuk kategori cukup. Hasil penggunaan instrumen menyatakan bahwa persentase miskonsepsi terbesar adalah 64.52% peserta didik yang mengalami misekonsepsi mengenai besaran fisika periode. Sedangkan persentase miskonsepsi yang terrendah adalah 12.90% peserta didik yang mengalami miskonsepsi mengenai gaya pemulih.