Daftar Isi:
  • Peserta didik dengan hambatan penglihatan membutuhkan keterampilan lain yang dapat meningkatkan taraf hidup mereka setelah lulus sekolah. Salah satu peluang usaha yang dapat meningkatkan taraf hidup adalah pertanian hidroponik. Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka keterampilan peserta didik dengan hambatan penglihatan harus dikembangkan melalui pendidikan vokasional. Kangkung merupakan salah satu sayuran yang banyak disukai dan masa panen relatif sebentar. Tujuan dari penelitan ini adalah tersusunnya program pendidikan vokasional pertanian hidroponik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomologi. Penelitian ini menghasilkan program pendidikan vokasional pertanian hidroponik kangkung sesuai dengan kondisi objektif peserta didik denngan hambatan penglihatan di SLB Negeri A Citeureup Cimahi. Selanjutnya, program tersebut dilaksanakan untuk melihat kelebihan dan kekurangannya. Kata Kunci : Vokasional, Hidroponik, Tunanetra