MODIFIKASI PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN JWAB (JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR) PADA PEMBELAJARAN FUTSAL DI SMPN 1 PLERED CIREBON
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian mengkaji penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) dengan upaya meningkatkan JWAB (jumlah waktu aktif belajar) siswa pada pembelajaran futsal. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam 3 siklus. Instrument menggunakan JWAB. Sampel penelitian siswa kelas VIII yang mengikuti ekstrakurikuler futsal SMPN 1 Plered Cirebon. hasil penelitian sebagai berikut; Pra Observasi M: 22.80% I: 25.70% A: 22.80% W: 28.50%, Siklus 1 Tindakan 1 M: 45.70% I: 18.50% A: 20% W: 15.70%, Siklus 1 Tindakan 2 M: 35.70% I: 17.14% A: 30% W: 17.14%, Siklus 2 Tindakan 1 M: 30% I: 18.57% A: 37.14% W: 14.20%, Siklus 2 Tindakan 2 M: 22.80% I: 12.80% A: 51.40% W: 12.80%, Siklus 3 Tindakan 1 M: 22.80% I: 11.20% A: 53.20% W: 12.80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modifikasi pembelajaran TGT meningkatkan JWAB (jumlah waktu aktif belajar) pada pembelajaran futsal.