Daftar Isi:
  • Dinda Syarifah Lumingga 1605002 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas V sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang pakar bidang pembelajaran yang terdiri dari 1 orang dosen matematika dan 1 orang guru sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik Delphi yang di laksanakan sebanyak 2 tahap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa rancangan hipotesis pembelajaran berbasis matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar. Temuan penelitian yaitu berupa rancangan pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas V sekolah dasar berdasarkan kesepakatan para pakar dan merujuk pada Permendikbud No. 22 tahun 2016. Kata Kunci: Rancangan Pembbelajaran, Hasil Belajar, Matematika Realistik, Bangun Ruang Dinda Syarifah Lumingga 1605002 ABSTRACT This research is motivated by the low mathematics learning outcomes of grade V elementary school students, especially in building material.This research aims to describe a realistic mathematics approach-based learning design to improve the mathematics learning outcomes of fifth grade elementary school students regarding building materials.Subjects in this research were 2 experts in the field of learning consisting of 1 mathematics lecturer and 1 elementary school teacher.The method used in this research is descriptive method using the Delphi technique which is carried out in 2 stages.The instrument used in this study was a realistic mathematics-based learning hypothesis design to improve the mathematics learning outcomes of grade V elementary schools on building materials.The findings of the study are in the form of a realistic mathematics approach based learning design to improve mathematics learning outcomes in grade V elementary schools on building material based on the agreement of experts and refer to Permendikbud No. 22 of 2016. Keywords: Learning Design, Learning Outcomes, Realistic Mathematics, Build Space