Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang penting dan perlu ditingkatkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara signifikan pada materi bangun ruang yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe think-pair-share dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretes pada kedua kelompok, perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol, setelah perlakuan diadakan postes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Kecamatan Sumedang Selatan yang peringkat sekolahnya termasuk ke dalam golongan kelompok tinggi, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Sukaraja II sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Pasanggrahan III sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi