PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORY KINESTHETIC) MELALUI DARING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA (Studi Eksperimen dalam Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Melalui Daring untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa (Studi Eksperimen dalam Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bandung)”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kecerdasan kinestetik yang dimiliki siswa yang belum terasah secara optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Kecerdasan kinestetik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung sebelum diterapkannya pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) dalam pembelajaran seni tari melalui daring 2). Penerapan pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) dalam pembelajaran seni tari melalui daring untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung 3). Kecerdasan kinestetik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung setelah menerapkan pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) dalam pembelajaran seni tari melalui daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kecerdasan kinestetik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung dengan menerapkan model pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) dalam pembelajaran seni tari melalui daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini dengan paradigma kuantitatif melalui kegiatan observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan kinestetik siswa melalui hasil belajarnya mengalami peningkatan dibuktikan dengan data thitung > ttabel (15,15 > 1,706). Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa. ABSTRACT This research is entitled "The Application of VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Through the Networks to Improve Student Kinesthetic Intelligence (Experimental Study in Dance Learning on Grade VIII Students in SMP Negeri 3 Bandung)". The problem raised in this research is the kinesthetic intelligence of students who have not been honed optimally. The problem formulation in this research is 1). The kinesthetic intelligence of grade VIII students of SMP Negeri 3 Bandung prior to the application of VAK (Visual Auditory Kinesthetic) model in the learning of dance art through the networks 2). Application of VAK (Visual Auditory Kinesthetic) model in dance learning through the networks to improve kinesthetic intelligence of grade VIII students of SMP Negeri 3 Bandung 3). Kinesthetic intelligence of grade VIII students of SMP Negeri 3 Bandung after applying VAK (Visual Auditory Kinesthetic) model in the learning of dance art through the networks. This study aims to determine and describe the increase in kinesthetic intelligence of grade VIII students of SMP Negeri 3 Bandung by applying the VAK (Visual Auditory Kinesthetic) in the learning of dance art through the networks. The method used in this research is pre-experimental design with one-group pretest-posttest design. Data collection was carried out in this study with a quantitative paradigm through observation activities, interviews, documentation study, literature study, and tests. The results of this study indicate that the kinesthetic intelligence of students through learning outcomes has increased as evidenced by tcount > ttable (15,15 > 1,706). It can be concluded that the application of VAK (Visual Auditory Kinesthetic) model can improve students kinesthetic intelligence.