Daftar Isi:
  • Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang sulit untuk dipelajari karena tidak digunakan dalam kehidupan sehari–hari. Di Indonesia, Pembelajaran bahasa Inggris sudah diterapkan sejak usia dini. Pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam pengenalan alfabet bahasa inggris bagi anak usia dini membutuhkan media pembelajaran yang dapat memudahkan anak untuk mengenal alfabet dan cara pelafalannya. Media pembelajaran Augmented Reality merupakan teknologi interaktif yang dapat diterapkan sebagai media pembelajaran alfabet bahasa Inggris bagi anak usia dini karena di dalamnya sudah terdiri dari animasi dan audio. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengetahui fitur-fitur aplikasi yang relevan sebagai media pembelajaran dan pengenalan alfabet bahasa Inggris bagi anak usia dini. Penelitian ini pada prakteknya menggunakan pendekatan kualitatif dengan analysis content. Obyek dalam penelitian ini terdiri dari ketiga aplikasi Augmented Reality yaitu Alphanum, AR Flashcards, dan AR Animals. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tiga aplikasi Augmented Reality termasuk dalam kategori media pembelajaran yang sesuai bagi anak usia dini. Berkaitan dengan pengenalan alfabet bahasa Inggris bagi anak usia dini AR Flashcards merupakan media pembelajaran yang sangat sesuai dalam pembelajaran alfabet bahasa Inggris bagi anak usia dini. Adapun kedua aplikasi lainnya yaitu Alphanum dan AR Animals sebagai media pembelajaran yang sesuai dalam pengenalan alfabet bahasa Inggris bagi anak usia dini. English is a foreign language that is difficult to learn because it is not used in daily life. In Indonesia, learning English has been implemented from an early age. Learning English, especially in the introduction of the English alphabet for early childhood requires learning media that can make it easier for children to recognize the alphabet and how it is pronounced. Augmented Reality learning media is an interactive technology that can be applied as a medium for learning the English alphabet for early childhood because it consists of animation and audio. This research was conducted to determine the features of relevant applications as a learning medium and the introduction of the English alphabet for early childhood. In practice, this research uses a qualitative approach to content analysis. Objects in this study consisted of three Augmented Reality applications, namely Alphanum, AR Flashcards, and AR Animals. Based on the research results, it is known that three Augmented Reality applications are included in the category of learning media suitable for early childhood. Concerned with the introduction of the English alphabet for early childhood, AR Flashcards is a learning medium is very suitable for learning the English alphabet for early childhood. The two other applications, namely Alphanum and AR Animals, are suitable for learning media in the introduction of the English alphabet for early childhood.