Daftar Isi:
  • Kemampuan Pemahaman matematika merupakan salah satu yang disyaratkan untuk siswa sekolah dasar. Hal ini sebagai perhatian yang serius dari semua guru. Kesalahan yang ditemukan terjadi pada penempatan angka atau nilai tempat dan salah mengalikan angka. Dipilihnya pembelajaran perkalian menggunakan model TGT dengan papan nilai tempat untuk meningkatkan pemahaman dan rasa percaya diri siswa terhadap kemampuannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni dengan menggunakan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah SD unggul di Kecamatan Weru, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Megu Gede dan SD Negeri 3 Tegalwangi kecamatan Weru, kabupaten Cirebon. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket respon siswa, wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata data pretes dan data postes kelas eksperimen dengan uji U dan menggunakan