PENGARUH AKTIVITAS AKUATIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KESEIMBANGAN PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS IV SD DI SLBN-A KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas akuatik terhadap peningkatan kemampuan keseimbangan peserta didik tunanetra kelas IV SD di SLBN-A kota Bandung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Single Subject Research dengan desain penelitian A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa tunanetra kelas 4 SDLB berinisial K yang mengalami hambatan pada kemampuan keseimbangan statis. Sehingga diperlukan sebuah aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan peserta didik tunanetra Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes praktik dimana penilaiannya berdasarkan instrumen. Instrumen yang dibuat berupa instrumen keseimbangan statis seperti berdiri dengan satu kaki, berjinjit dengan kedua kaki dan bersikap pesawat terbang. Aktivitas akuatik merupakan suatu usaha manusia yang dilakukan dengan tujuan membantu memfasilitasi belajar keterampilan orang lain melalui media air, secara khusus pembelajaran aktivitas akuatik merupakan upaya yang dilakukan guru, instruktur atau intervisionis dengan tujuan membantu peserta didik agar belajar dengan mudah. Analisis data yang digunakan yaitu dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mean level kemampuan awal K pada tahap baseline-1 (A-1) sebesar 30,39% kemudian pada tahap intervensi (B) mean level kemampuan K mengalami peningkatan menjadi 38,69% dan besarnya mean level K pada tahap baseline-2 (A-2) menjadi 43,45%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampuan keseimbangan statis peserta didik tunanetra. Dengan demikian, penggunaan media air atau aktivitas akuatik dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan pada aspek keseimbangan statis. Maka dari itu, direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan peserta didik tunanetra dapat menggunakan aktivitas akuatik.; This reaseach aim to giving knowledge about influence of aquatic activity to enhancement balance ability on participants student with visual impairment class Ivprimary school in SLBN-A kota Bandung. The method used on this research is descriptive research with approach Single Subject Research (SSR) with A-B-A design research. Subject on this research is one visual impairment student 4th grade SDLB initials K who had obstacles on static balance ability because of that, it takes an activity or activity that can improve the balance ability of visual impairment students in order to optimize their balance abilities. Technique data collection used a right that is with test practice where his judgment based on instrument. The instruments are made in the form of instrument static balance such as standing on one leg, tiptoeing with both legs and acting on an airplane. Aquatic activities is a human effort undertaken with the aim of helping to facilitate learning the skills of others through the medium of water, in particular aquatic activity is study the efforts made a teacher, instructor or intervisionis with the aim of helping learners in order to learn easily. Analysis of data used that is with statistics descriptive . The results showed the mean level of initial ability K at baseline- 1 (A-1) at 30.39 % then at the intervention stage (B) mean level of ability K increased to 38, 69 % and the mean level K at the baseline stage - 2 (A-2) to 43, 45 %. Based on the results of data analysis, it was found that there was an increase in the static balance ability of student with visual impairment. Thus, use of water or aquatic activity can improve to skill balance on the aspect of static balance . Then from that , recommended for improve abilit