Daftar Isi:
  • User Experience (UX) merupakan bidang yang sangat luas, yang mencangkup usability sebuah produk hingga kepuasan seorang pelanggan dalam menggunakan sebuah produk. Pengguna akan merasa nyaman apabila kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. User-Centered Design (UCD) merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengembangkan sebuah produk dengan melibatkan pengguna dalam pengembangannya. Produk yang dikembangkan dengan menggunakan metode UCD akan memilik user experience yang bagus sehingga pengguna akan lebih nyaman dalam menggunakan produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan UX pada situs web dengan menggunakan metode UCD. Nilai awal dan nilai akhir produk akan dinilai dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari penelitian menujukan terdapat peningkatan pada skala UEQ, attractiveness dari 1.16 ke 1.60, perspicuity dari 1.10 ke 1.54, efficiency dari 1.11 ke 1.42, dependability dari 1.02 ke 1.32, stimulation dari 0.87 ke 1.61 dan novelty dari 0.59 ke 1.14. User Experience (UX) is a very broad field, which covers the usability of a product to the satisfaction of a customer in using a product. Users will feel comfortable if customer satisfaction can be met. User-Centered Design (UCD) is a method used to develop a product by involving users in its development. Products developed using the UCD method will have a good user experience so that users will be more comfortable using the product. The purpose of this research is to improve UX on a website using the UCD method. The initial value and final product value will be assessed using the User Experience Questionnaire (UEQ). The results of the study show there is an increase on the UEQ scale, attractiveness from 1.16 to 1.60, perspicuity from 1.10 to 1.54, efficiency from 1.11 to 1.42, dependability from 1.02 to 1.32, stimulation from 0.87 to 1.61 and novelty from 0.59 to 1.14