PROGRAM INTERVENSI BERBASIS PEMBERDAYAAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN TOILET TRAINING PADA ANAK DOWN SYNDROME
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemberdayaan keluarga dalam meningkatkan toilet training pada anak down syndrome, sebagai upaya yang dilakukan keluarga khususnya orang tua dalam menangani dan mengurangi permasalahan yang dimiliki anak down syndrome dalam kegiatan buang air kecil dan buang air besar dengan menggunakan program intervensi berbentuk pelatihan buang air (toilet training) yang dibuat khusus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak serta kondisi objektif orang tua, agar orang tua mampu melatih anaknya sendiri secara mandiri di rumah, sehingga anak mampu berkembang jauh lebih baik lagi dalam kegiatan buang air kecil ataupun buang air besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk menggali data. Subjek penelitian ini adalah tiga anak down syndrome berusia 10 tahun di SLB ABCD Muhammadiyah, dengan informan utama yaitu orang tua anak down syndrome, serta informan penunjang yaitu saudara kandung dan guru wali kelas anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kondisi objektif tiga anak down syndrome ini memiliki kemampuan, hambatan dan kebutuhan yang berbeda dalam kegiatan buang air, sehingga memerlukan program intervensi yang berbeda pula sesuai kebutuhan anak 2) kondisi objektif orang tua tiga anak down syndrome ini memiliki pengetahuan, motivasi, dan sikap yang berbeda dalam mengatasi suatu permasalahan anak down syndrome dalam kegiatan buang air dan upaya yang berbeda pula dalam mengoptimalkan toilet training pada anak down syndrome 3) banyak faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keberhasilan toilet training pada masing-masing anak baik itu dari kondisi objektif anak down syndrome maupun orang tua anak down syndrome 4) masing-masing program intervensi berbasis pemberdayaan keluarga yang sudah dirancang dan diuji coba memberikan hasil yang positif pada pemahaman dan cara orang tua dalam mengatasi permasalahan anak pada kegiatan buang air kecil dan besar, sehingga dapat dikatakan program intervensi berbasis pemberdayaan keluarga ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan toilet training pada masing-masing anak down syndrome sesuai dengan kebutuhan anak dan orang tua. Kata kunci: down syndrome, toilet training, pemberdayaan keluarga, intervensi FAMILY EMPOWERMENT BASED INTERVENTION PROGRAM IN IMPROVING TOILET TRAINING ON CHILD WITH DOWN SYNDROME ABSTRACT This research is based on the importance of family empowerment in improving toilet training on child with down syndrome as an effort done in family especially parents to solve and decrease the problem of child with down syndrome on urinating and defecating activity using intervention program in toilet training which is specially arranged as the condition and the need of each child and parents objective condition in order that parents are able to teach their child at home, so the child can be improving better in urinating and defecating activity. The method used in this research is descriptive method including qualitative approach using observation, resource and document study to receive the data. The subjects of this research are the three of 10 years old children with down syndrome in SLB ABCD Muhammadiyah, following by the parents of down syndrome as the main informant and also the relatives and homeroom teacher of down syndrome as the support imformant. The result of the research shows that 1) the objective condition of three children with down syndrome has different ability, struggle, need in toilet training so that the intervention program needed for each child is different as well as the child’s need 2) the parents objective condition of three children with down syndrome has different knowledge, motivation, and attitude in solving the problem of child with down syndrome in toilet training and different way in optimizing toilet training on child with down syndrome 3) there are some positive and negative factors affected the success of toilet training on each child, not only on the objective condition of child with down syndrome but also on the parents of child with down syndrome 4) each family empowerment based intervention program arranged and tested has positive result in understanding and parents’ way in solving child’s problems on urinating and defecating activity, therefore this family empowerment based intervention program has significantly better result in improving toilet training on each child with down syndrome as the need of both the child and the parents. Keywords: down syndrome, toilet training, family empowerment, intervention