PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN FUTSAL
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran futsal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Cimahi yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebanyak 20 Orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian ini menggunakan angket keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perbandingan t hitung -8,1233 < dengan t tabel 2,093 dan P-Value (Probabilitas) sebesar 0,0000 < 0,05 maka keputusan hipotesis adalah menerima Ha dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh signifikan terhadap keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran futsal. The purpose of this study was to determine the effect of cooperative learning models on students' social skills in futsal learning. The method used in this study was an experiment using the One Group Pretest-Posttest Design. The population in this study were 20 students of SMP Negeri 1 Cimahi who joined futsal extracurricular activities and the sample in this study were 20 people using saturated sampling techniques, namely all population members were sampled. The research instrument used a social skills questionnaire. The results showed that based on the comparison of t count -8.1233 < with t table 2.093 and P-Value (Probability) of 0.0000 < 0.05, the hypothesis decision was to accept Ha and Ho rejected. It can be concluded that the cooperative learning model has a significant effect on students' social skills in futsal learning.