PENGGUNAAN TEKNIK TONGKAT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEPERGIAN SECARA MANDIRI DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VII DI SLB MULTAHADA
Daftar Isi:
- Peserta didik tunanetra memiliki ketergantungan menggunakan pendamping awas dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Kegiatan menuju tempat-tempat di lingkungan sekolah yang rutin dilaksanakan menjadi terhambat karena peserta didik harus menunggu ada yang mengajak, seperti pada saat akan berolahraga ke gor atau lapang, jajan ke warung, maupun beribadah ke masjid peserta didik sering mengalami keterlambatan bahkan tidak melakukan kegiatan sama sekali. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik dengan totally blind kelas VII SMPLB yang mengalami hambatan dalam bepergian secara mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A yang masing masingnya sesi terdiri dari A1 tiga sesi, B tujuh sesi dan A2 tiga sesi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik tongkat ke lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik tongkat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan bepergian secara mandiri peserta didik tunanetra di lingkungan sekolah dengan menggunakan teknik touch, two touch, slide dan teknik menyebrang serta mampu menyebutkan landmark dan clue dengan tepat. Kata Kunci : keterampilan bepergian secara mandiri (Independent Travel), teknik tongkat, peserta didik tunanetra Visual impairment student need caution companion for carrying out daily activities. Activities to places in the school environment which are carried out routinely are hampered because students must wait for someone to hold him, such as when going to exercise to gor or field, snacks to stalls or worship to mosques learners often experience delays or even not doing any activities at all. The subjects of this study are students with totally blind seven grade of SMPLB who experience obstacles in independent travel. This study uses a quantitative approach with the Single Subject Research (SSR) method with A-B-A design, each session consisting of A1 three sessions, B seven sessions and A2 three sessions. The purpose of this study was to determine the effect of cane techniques on the school environment. The conclusion of this study is the stick technique affects the improvement of the skills to travel independently of blind students in the school environment by using touch, two touch, slide and crossing techniques and being able to mention landmarks and clues appropriately. Key word: Independent Travel Techniques, Cane Skill, Student with Visual Impairment