TERPAAN ONLINE NEWS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KEMAMPUAN NEWS MEDIA LITERACY Studi Korelasi Terhadap Followers Akun Media Sosial Instagram @cekfaktacom
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada kekhawatiran penulis terhadap maraknya berita hoax yang beredar di media sosial. Fenomena tersebut merupakan efek dari meningkatnya pengguna media sosial pada era digital ini, sehingga kerap kali berita hoax sulit untuk dihindari. Namun, apabila pengguna media memiliki kemampuan News Media Literacy, hal tersebut dapat dihindari dengan mudah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah tingkat terpaan online news dari media sosial Instagram @cekfaktacom dapat mempengaruhi tingkat kemampuan news media literacy pada followersnya. Penelitian ini merupakan penelitian studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif dan analisis regresi multiple. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan kemampuan News Media Literacy dipengaruhi oleh Selectivity, Utilitarianism dan Impervious to Influence, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien determinan yaitu sebesar 76,1%. Dan dari ketiga variabel (X) yang telah diuji, aspek Selectivity merupakan aspek yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kemampuan News Media Literacy pada followers @cekfaktacom. The aim of this study was to find out wether there are influence of the level in exposure to online news on social media Instagram to the ability of news media literacy. This research observed by three aspects which are selectivity, utilitarianism, and impervious to inlfuence towards followers of social media account @cekfaktacom. The type of this research is correlational study with quantitative approach. Questionnaire test were used as tools for collecting data. For data analysis technique, researcher conducted descriptive statistics and multiple regression analysis. The results of this study indicated that the level of exposure to online news on social media Instagram was stated to have influence towards the ability of news media literacy based on simultaneous and partial tests. The result of the determinant coeficient showed 76,1% the ability of news media literacy was influenced by three aspects of online news exposure which are selectivity, utilitarianism, and impervious to inlfuence. The Selectivity aspect has the most influence on the ability of news media literacy.