Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik make a match di SMK Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan one group pretest-posttest design yaitu eksperimen dengan kelompok tunggal tanpa menggunakan kelompok pembanding. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 siswa. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui penyebaran angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji hipotesis berdasarkan perhitungan menggunakan uji t bahwa nilai thitung yaitu 10,624 dan nilai ttabel dengan α 0,05 menunjukkan nilai 1,68709. Karena thitung> ttabel berarti bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match. Berdasarkan perhitungan menggunakan nilai probabilitas atau Sig. 2tailed bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan motivasi belajar. ----------- This research aims to determine the increasement of student’s learning motivation after the implementation of cooperative learning model make a match technique in SMK Pasundan 1 Bandung. The method used is Pre-Experimental with one group pretest-posttest design which is an experiment with a single group without using a comparism group. The object in this research is XI Accounting 2 as an experimental class with 38 students. Student’s learning motivation data is obtained through questionnaires. Hypothesis tested by using the t-test. From the research result that hypothesis test result is obtained based on ttest calculation that the value of tcount is 10,624 and the value of ttable with α 0,05shows the value 1,68709. Because tcount > ttable so it means that student’s learning motivation increase after using cooperative learning model make a match technique. Based on the calculation using probability value or Sig. 2tailed that the signification value is 0,000. Because 0,000 < 0,05 so H0 is denied and H1 is accepted, means that student’s learning motivation increase after using cooperative learning model make a match technique. So it can be concluded that the implementation of cooperative learning model make a match technique affects learning motivation.