Daftar Isi:
  • Pemrograman Dasar merupakan mata pelajaran kompetensi untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK. Dalam mata pelajaran ini, siswa dituntut untuk mempelajari, menguasai dan memahami konsep dari pelajaran yang diajarkan. Namun, masih ada beberapa siswa yang masih belum mengerti akan materi pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam memahami konsep untuk mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan UX pada multimedia pembelajaran pemrograman dasar menggunakan metode persona dengan model Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) pada siswa SMK. Multimedia pembelajaran dibuat berdasarkan UX agar multimedia tersebut sesuai dengan kebutuhan siswa. Dan model VAK sebagai pengelompokkan untuk menentukan penilaian multimedia tersebut dari sisi Visual, Auditori dan Kinestetik. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design tipe one-group-pretest-posttest. Dari penelitian ini didapatkan hasil: 1) Implementasi UX pada Multimedia Pembelajaran dengan metode persona telah dikembangkan dan dinilai baik serta layak digunakan, dengan rata-rata persentase user experience sebesar 86% dan usability testing 87% oleh user persona, 2) Multimedia pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan multimedia sebesar 64,47%, mengalami kenaikan setelah menggunakan multimedia menjadi rata-rata nilai sebesar 82,89%, dan diperkuat dengan rata-rata nilai gain yang diperoleh sebesar 0,54 dengan kategori sedang.;--Basic Programming is a competency course for majoring in Software Engineering in Vocational High Schools. In this subject, students are asked to learn, master and understand the concept of teaching lessons. However, there are still some students who still do not understand the learning material. This is due to the ability of different students to understand concepts for basic programming subjects. The purpose of this research is to implement UX on multimedia learning using the method of persona with Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) model on vocational students. Multimedia learning is based on UX so that multimedia matches the needs of students. And the VAK model as a grouping to determine multimedia assessment in terms of Visual, Auditory and Kinesthetic. The research method used is pre-experimental type one-group-pretest-posttest design. From the results of this research obtained: 1) Implementation of UX in Multimedia Learning with persona methods that have been developed and developed properly and accurately, with average user experience percentage of 86% and 87% usability testing by user persona, 2) Multimedia Learning can improve cognitive abilities of students, it is reasoned the average student before using multimedia of 64,47% after using multimedia to average on average by 82,89%, and coupled with the highest average gain which get 0,54 in the medium category.