Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Think-Pair-Share terhadap penguasaan konsep siswa SMA tentang sistem reproduksi pada manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttes. Sebanyak 40 siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung digunakan sebagai subyek penelitian yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe Think-Pair-Share sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen tertulis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe Think-Pair-Share dengan siswa yang menggunakan model konvensional pada konsep sistem reproduksi. Hal ini dapat dilihat dari data rata-rata pengguasaan konsep kelas eksperimen dan kontrol, hasi posttes kelas eksperimen (73,40) sedangkan hasil postes kelas kontrol (67,90). Hasil angket siswa dan guru menunjukkan bahwa bahwa pada umumnya siswa dan guru memberikan respon positif terhadap model pembelajaran cooperatif learning tipe Think-Pair-Share. Dengan demikian penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Think-Pair-Share berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada pokok bahasaan sistem reproduksi pada manusia. Kata kunci: cooperatif learning, think-pair-share, sistem reproduksi pada manusia