Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah penerapan model pembelajaran teaching games for understanding dalam pembelajaran permainan softball dapat meningkatkan keterampilan bermain siswa. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan terhadap 38 Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tarogong Kaler Kabupaten Garut yang terdiri atas 16 orang siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Proses penelitian dibagi menjadi dua siklus yang terdiri atas empat tindakan. Setiap tindakan menggunakan berbagai tugas gerak yang dikemas dalam bentuk permainan bertahap dari yang termudah sampai yang tersulit. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen GPAI. Semua data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik persentase, nilai keterampilan bermain softball pada observasi awal untuk kemampuan menyerang sebesar 50% dan untuk kemampuan bertahan 50,3%, kemudian setelah dilakukan penelitian keterampilan bermain siswa menjadi 80% untuk kemampuan menyerang dan 70,9% untuk kemampuan bertahan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulankan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Teaching Games For Understanding dalam pembelajaran permainan softball dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain siswa.