PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGELOMPOKKAN TUMBUHAN BERDASARKAN CIRI PADA BAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV SDN PARUNGJAYA KECAMATAN TANJUNGSIANG KABUPATEN SUBANG
Daftar Isi:
- Berdasarkan data observasi awal yang dilakukan pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Parungjaya Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang, mengenai materi pembelajaran mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri pada bagian tumbuhan , mengalami permasalahan pada kinerja guru yaitu menempatkan siswa sebagai objek pembelajaran, yang mengakibatkan siswa dalam proses pembelajaran kurang memberikan hasil eksplorasi kemampuan pemahaman dan pengetahuannya terhadap materi pembelajaran, hal ini mengakibatkan tingkat kemampuan siswa kurang tereksplorasi dan pada hasil belajar persentase ketuntasan hanya mencapai 41%. Dari permasalahan tersebut ditentukan tindakan dengan menerapkan model kooperatif teknik jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri pada bagian tumbuhan. Metode yang digunakan dalam proses penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dan desain penelitian yang digunakan mengacu kepada model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart. Untuk mengumpulkan data proses dan data hasil belajar digunakan instrumen dalam bentuk tes, pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan, sedangkan untuk mengukur validitas data yang dihasilkan dilakukan dengan cara Member Check, Triangulasi, Audit Trail, dan Expert Opinion. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, pada siklus I, siklus II dan III tahap perencanaan memperoleh persentase 100% pencapaian indikator, pada kinerja guru tahap pelaksanaan persentase pencapaian target siklus I 82%, siklus II 94% dan siklus III 98% pencapaian indikator. Hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan pada pelaksanaan siklus I mendapatkan 72% ketuntasan, siklus II 86% ketuntasan, siklus III 95% siswa tuntas. Dari paparan data tersebut maka dapat dibuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri pada bagian tumbuhan di kelas IV SDN Parungjaya Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Kata kunci : Teknik jigsaw, ciri tumbuhan, hasil belajar.