PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil ulangan tengah semester pada pokok bahasan bilangan pecahan masih dibawah KKM yang diharapkan yaitu 65. Demikian pula guru masih melaksanakan pembelajaran dengan metode yang masih konvensional yaitu metode ceramah. Siswa juga masih belum memahami dan belum mengerti tentang materi perkalian dan pembagian berbagai bentuk bilangan pecahan. Penelitian ini ditujukan pada penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bilangan pecahan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran matematika dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam pembelajaran bilangan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang diadaptasi dari model Kemmis & MC Taggart dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat tahun ajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes dan non tes, yaitu soal tes siklus, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan angket. Hasil penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada pembelajaran matematika menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran, terlihat siswa menjadi aktif dan dapat bekerja sama dengan kelompoknya masing-masing, demikian pula perolehan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran siklus I rata-rata siswa mencapai 70,428, pada siklus II rata-rata siswa mencapai 76,286, dan siklus III rata-rata siswa mencapai 79,714 atau sebesar 94,286% siswa yang mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa rekomendasi yang hendak disampaikan, antara lain : (1) Guru diharapkan mencoba menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada materi lainnya dalam pembelajaran matematika maupun pada mata pelajaran lainnya, (2) Bagi peneliti lain, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika dengan mengambil subjek dan pokok bahasan lainnya pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci:Bilangan Pecahan, Hasil Belajar, Kooperatif, NHT.