Daftar Isi:
  • Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler hoki. Sampel diambil keseluruhan karna jumlah yang mengikuti ekstrakurikuler hanya kurang dari 30 orang. Dalam uji normalitas data, penulis menggunakan bantuan program SPSS. Uji normalitas dari output dihasilkan terdapat lima uji analisis yaitu kolmogorov smirnov, Shapiro-wilk, QQ Plots, Detrended normal QQ Plots, dan Spread V.S Level Plot. Untuk uji normalitas ini penulis mengacu pada uji kolmogorov smirnov. Dengan asumsi, sampel termasuk dalam kategori kelompok kecil. Nilai t hitung adalah 24,815dengan nilai probabilitas adalah 0,000, karena nilai probabilitas adalah 0,000/2 = 0,000. Berdasarkan uji probabilitas bahwa 0,000 < 0,025 maka maka Ho di tolak atau dalam artian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kerjasama dalam pembelajaran permainan hoki. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap kerjasama dalam pembelajaran permainan hoki di SMAN 26 Bandung. Nilai t hitung adalah 25,013 dengan nilai probabilitas adalah 0,000, karena nilai probabilitas adalah 0,000/2 = 0,000. Berdasarkan uji probabilitas bahwa 0,000 < 0,025 maka maka Ho di tolak atau dalam artian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan tehnik dasar hoki dalam pembelajaran permainan hoki. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap keterampilan tehnik dasar hoki dalam pembelajaran permainan hoki di SMAN 26 Bandung. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap kerjasama dan keterampilan teknik dasar dalam pembelajaran permainan hoki di SMA 26 Bandung