Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyanilaihasilulangan IPA padapokokbahasanstrukturtumbuhandanfungsinya, haliniditandaidengannilairata-rata di bawah KKM sebesar 56,25, sementara KKM yang harusdicapaisebesar 68. Demikian pula salahsatufaktor yang mempengaruhirendahnyanilaihasilulangan IPA adalahpenggunaanmetodedan media pembelajaran yang disajikanoleh guru secaratidaktepat.Tujuanpenelitian yang hendakdicapaiadalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Cibanteng melalui penerapan media lingkungan pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar sekolah di kelas IV SDN Cibanteng; 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam materi struktur tumbuhan dan fungsinya melalui penerapan media lingkungan.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis& Mc. Taggart denganduasiklus, yang padasetiapsiklusnyadilakukanduatindakan. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas IV SDN CibantengKabupaten Bandung Barat denganjumlahsebanyak 32 orang. Adapun instrument yang digunakandalampenelitianiniberupalembarobservasiaktivitas guru dansiswa, lembartesdanleembarkerjasiswa,yangdigunakanuntukmengetahuikemampuansiswasebelumdansesudahmenggunakan media lingkungan.Hasilpenelitiandenganmenggunakan media lingkunganpadapembelajaranIPAsebelumdiberitindakansecarakeseluruhandapatdikategorikankurang. Hal iniberdasarkanhasilperhitunganskor rata-rata soaltessiklus I sebesar 57,8sedangkanskor rata-rata LKSsebesar 65,00. DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaanalisisLKSternyatalebihtinggidariskor rata-rata tes, 65,00>57,8. Berdasarkanpenelitian di atasdapatdisimpulkanbahwakemampuansiswadalampelajaran IPA sebelumdansesudahmengikutipembelajaran yang diberitindakanmelauipenggunaanmedia lingkunganmengalamipeningkatkandanpenggunaan media lingkunganterbuktiefektifdapatdigunakandalampembelajaran IPA.