MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN PADA KONSEP STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibanteng Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyanilaihasilulangan IPA padapokokbahasanstrukturtumbuhandanfungsinya, haliniditandaidengannilairata-rata di bawah KKM sebesar 56,25, sementara KKM yang harusdicapaisebesar 68. Demikian pula salahsatufaktor yang mempengaruhirendahnyanilaihasilulangan IPA adalahpenggunaanmetodedan media pembelajaran yang disajikanoleh guru secaratidaktepat.Tujuanpenelitian yang hendakdicapaiadalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Cibanteng melalui penerapan media lingkungan pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar sekolah di kelas IV SDN Cibanteng; 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam materi struktur tumbuhan dan fungsinya melalui penerapan media lingkungan.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis& Mc. Taggart denganduasiklus, yang padasetiapsiklusnyadilakukanduatindakan. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas IV SDN CibantengKabupaten Bandung Barat denganjumlahsebanyak 32 orang. Adapun instrument yang digunakandalampenelitianiniberupalembarobservasiaktivitas guru dansiswa, lembartesdanleembarkerjasiswa,yangdigunakanuntukmengetahuikemampuansiswasebelumdansesudahmenggunakan media lingkungan.Hasilpenelitiandenganmenggunakan media lingkunganpadapembelajaranIPAsebelumdiberitindakansecarakeseluruhandapatdikategorikankurang. Hal iniberdasarkanhasilperhitunganskor rata-rata soaltessiklus I sebesar 57,8sedangkanskor rata-rata LKSsebesar 65,00. DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaanalisisLKSternyatalebihtinggidariskor rata-rata tes, 65,00>57,8. Berdasarkanpenelitian di atasdapatdisimpulkanbahwakemampuansiswadalampelajaran IPA sebelumdansesudahmengikutipembelajaran yang diberitindakanmelauipenggunaanmedia lingkunganmengalamipeningkatkandanpenggunaan media lingkunganterbuktiefektifdapatdigunakandalampembelajaran IPA.