Daftar Isi:
  • Fokus kajian dalam penelitian ini adalah meneliti mengapa masyarakat lebih memilih produk rumah tangga merek tupperware. Padahal jika dilihat dari harga, produk tersebut cenderung lebih mahal dibandingkan produk rumah tangga merek lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya perilaku konsumen yang memiliki preferensi tinggi terhadap produk rumah tangga merek tupperware dibandingkan dengan produk rumah tangga merek lainnya. Preferensi dapat dipengaruhi oleh anggaran yang disediakan konsumen untuk membeli produk rumah tangga merek tupperware dan atribut produk yang ada dalam produk tersebut. Subjek dalam penelitian ini yaitu ibu – ibu rumah tangga yang menggunakan produk rumah tangga merek tupperware di Kelurahan Cicadas Kota Bandung. Adapun sampel yang diambil sebanyak 151 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey eksplanatori dengan menggunakan angket atau kuesioner sebagai alat pengumpul data, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program Eviews 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel anggaran dan atribut produk sama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi. Hal ini berarti bahwa semakin anggaran meningkat dan semakin baik atribut yang dimiliki oleh produk rumah tangga merek tupperware maka preferensi konsumen terhadap produk tersebut pun akan meningkat. Indikator atribut produk dalam penelitian ini dilihat dari performansi, fitur, durabilitas, estetika, dan persepsi kualitas.