PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DISIONS) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen ini dilatarbelakangi disatu pihak oleh adanya fakta bahwa hasil belajar fisika diberbagai aspeknya masih belum memuaskan. Dilain pihak adanya pengembangan model-model pembelajaran baru yang diharapkan dapat mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut. Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan penguasaan konsep fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan penguasaan konsep fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tradisional. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 38 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes penguasaan konsep dan lembar observasi aktivititas guru. Efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika diketahui dari perbandingan nilai gain yang dinormalisasi dan uji hipotesis data gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan rata-rata gain yang dinormalisasi kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf kepercayaan 95% diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan lebih meningkatkan penguasaan konsep fisika dibanding penerapan model pembelajaran tradisional. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika dibanding penerapan model pembelajaran tradisional.