Daftar Isi:
  • Kualitas memainkan peran sentral bagi perusahaan untuk tetap beradaptasi untuk menjaga kemampuan dan orisinalitas kualitas, peningkatan kualitas harus dilakukan oleh perusahaan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut-atribut yang bertanggung jawab atas kegagalan produk yang menyebabkan kinerja yang buruk. Penelitian ini dilakukan di UD D`Rent Bakery Ponorogo. Berdasarkan data menunjukkan jumlah produk cacat yang masih cenderung tinggi dan kontrol kualitas yang belum optimal, dengan sampel roti isi sebagai produk utama. Metodologi pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data terdokumentasi yang dianalisis menggunakan pendekatan sistematik Six Sigma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor penyebab cacat pada produk roti isi ; bentuk yang tidak sesuai dengan taraf standar, produk gosong karena proses pemanggangan, serta produk bantat dan hancur. Rekomendasi peneliti untuk perbaikan berkaitan dengan aspek manusia, mekanik, metodologi, dan lingkungan. Kata kunci: Kualitas, Pengendalian Kualitas, dan Six Sigma - DMAIC