Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan torsi, daya dan emisi gas buang pada kendaraan Yamaha new v-ixion 150cc yang di hasilkan dari penggunaan kampas kopling standart dan kampas kopling yang telah di modifikasi. Penelitian ini menggunakan 3 jenis kampas kopling yaitu : kampas kopling standart new v-ixion 150cc, kampas kopling GL-pro dan kampas kopling Daytona racing. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen dan Teknik Analisa data menggunakan analisis statistic dan deskriptif. Variable rpm yang di gunakan yaitu mulai dari 4000 rpm sampai 8500 rpm dengan menggunakan kelipatan putaran 1500. Hasil penelitian menunjukan hasil torsi maksimal 11,4 Nm di putaran 7000 rpm pada variasi Gl : 1 R : 4 dan daya maksimal 11,24 HP di putaran 7000 rpm pada modifikasi kampas kopling dengan variasi Gl : 1 R : 4. Hasil torsi dan daya maksimal yang di hasilkan dari kampas kopling modifikasi lebih besar di bandingkan dengan hasil torsi dan daya dari kampas kopling standart yang menghasilkan torsi maksimal 10,32 Nm pada putaran 7000 rpm dan daya maksimal 9,94 HP pada putaran 7000 rpm. Pada hasil data emisi gas buang hasil data modifikasi kampas kopling dapat meningkatkan CO (%) sebesar 4,3 %, CO2 (%) sebesar 5,8 %, HC (ppm) sebesar 525 ppm, data O2 (%) hasil data maksimal di dapatkan dari semua variasi rpm kampas kopling standart,. Dapat di simpulkan hasil modifikasi kampas kopling dapat meningkatkan hasil torsi sebesar 1,03 Nm, daya sebesar 1,3 HP dan . Dan peningkatan emisi gas buang CO (%) dan HC (ppm) yang di hasilkan berarti berdapak pada penambahan polusi udara dan berarti tidak baik, peningkatan data ini di hasilkan dari variasi kampas kopling dengan hasil torsi dan daya yang tidak maksimal pada putaran di atas 7000 Rpm hasil pengujian tidak menunjukan hasil data yang akurat di sebabkan karena pada putaran tinggi kinerja mesin sudah tidak maksimal atau dalam kondisi limit.