Daftar Isi:
  • Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil atau buang air besar. Banyak ibu yang membiarkan anak buang air kecil sembarangan dan ibu yang tidak teliti dalam memberikan asuhan kepada anak usia toddler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran ibu dalam pembelajaran toilet training pada anak usia todler (1-3 tahun) di desa Pragak Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Desain penelitian adalah deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diperoleh dengan memberikan kuisioner pada seluruh ibu di desa Pragak Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Teknik analisa data menggunakan prosentase. Dari hasil penelitian terhadap 30 responden: bahwa dari 30 responden sebagian besar 19 responden (63%) peran ibu dalam pembelajaran toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun) di Desa Prangak, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan berperan buruk dan hampir setengahnya 11 responden (37%) berperan baik. Hasil penelitian ini lebih meningkatkan pengetahuan toilet training, kesiapan ibu dalam pencapaian toilet training, cara memulai toilet training, mengetahui dampak masalah toilet training dan ibu dapat memperoleh informasi tentang pembelajaran toilet training. Kata kunci : peran, toilet training, anak usia toddler