Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality, online customer review, dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang pernah melakukan keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Alat analisis yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Uji analisis menggunakan uji asumsi klasik dan juga uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Variabel e-service quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee, 2) Variabel online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee, 3) Variabel online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee, 4) Secara simultan e-service quality, online customer review, dan online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee, 5) Online customer review ialah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Kata Kunci : E-Service Quality, Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian