karakter peduli lingkungan pada anak usia dini melalui metode bercerita
Main Author: | wulandari, rizkia |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ahmad Saifudin, M.Pd
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/8675/2/HALAMAN%20DEPAN%20FIXSSSSSSSSSS.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8675/3/Artikel_Rizkia%20WUlandari_18340117.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8675/4/Daftar%20Pustaka%20fixssssssssss.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8675/5/LOA_Rizkia%20Wulandari_18340117.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8675/6/surat%20persetujuan%20unggah%20karya%20ilmiah.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8675/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia ataupun karena faktor alam semakin banyak. Bencana alam tersebut akan bertambah parah apabila tidak dilakukan pencegahan sejak dini. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi bencana yang terjadi adalah dengan menanamkan karakter peduli lingkungan sejak dini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyampaikan atau mengajarkan pendidikan karakter pada anak usia dini adalah dengan melalui metode bercerita. Metode bercerita adalah suatu program atau rencana yang bisa digunakan dalam rangka mengenalkan peduli lingkungan alam melalui alur, pesan moral serta emosi dari cerita yang diceritakan kepada anak. Tidak hanya sekadar bercerita tetapi pesan moral yang tersampaikan lewat cerita tersebut juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari anak melalui pembiasaan-pembiasaan peduli dan cinta lingkungan. Seorang anak yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan akan mendatangkan akibat yang positif bagi kelangsungan hidup lingkungan sekitar dan berlangsung sampai ia dewasa, karena pembiasaan – pembiasaan positif yang dilakukan dalam kegiatan sehari- hari pada anak sejak dini akan terus bertahan hingga ia dewasa nanti.