Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Rohmiatun. Pengembangan Media Pembelajaran Pantul Polab untuk Menstimulasi Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Abjad di Tk Mutiara Hati Jenangan Kelompok A. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Ida Yeni Rahmawati, M.Pd., Pembimbing 2 Rendy Setyowahyudi,M.Pd. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) berdasarkan teori Sugiyono. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi dan guru praktisi kelompok A yang berkualifikasi dibidangnya serta hasil penilaian siswa kelas kelompok A taman kanak-kanak sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara angkat dan tes (pre-test dan post-test). Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi 1 mendapatkan rata-rata skor 3,7 termasuk kategori sangat layak. Penilaian ahli materi 2 mendapatkan rata- rata skor 3,9 termasuk kategori sangat layak. Serta Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 3,5 termasuk kategori sangat layak. Pada uji coba skala kecil mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba lapangan disekolah pertama mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba lapangan sekolah kedua mendapatkan persentase skor 86% termasuk dalam kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media PANTUL POLAB untuk pembelajaran menulis permulaan huruf abjad pada siswa kelompok A taman kanak-kanak sangat layak digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Edukatif, PANTUL POLAB, Kelompok A Taman Kanak-Kanak.