PELEVELAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Main Author: Dardianto Arico, Viki
Format: Article NonPeerReviewed Image Book
Bahasa: eng
Terbitan: JISIP: (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) LPPM Mandala , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/8540/4/form%20unggah%20karya.jpg
http://eprints.umpo.ac.id/8540/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8540/2/ARTIKEL.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8540/5/SURAT%20REKOGNISI.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8540/3/LOA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8540/
Daftar Isi:
  • Pemecahan masalah merupakan pemikiran yang dimiliki siswa dalam menentukan solusi-solusi dari masalah yang dihadapi. Proses siswa dalam menemukan solusi terhadap masalah maka dinamakan sebagai kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan memperhatikan unsur-unsur yang diperlukan dalam membuat suatu strategi pemecahan yang dibutuhkan dan memiliki kemampuan untuk mengetahui kebenaran dari suatu masalah. Kemampuan ini perlu diukur untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah mateatis siswa. Taksonomi SOLO adalah respon siswa dalam memecahkan suatu masalah untuk mengetahui tingkat kemampuan yang dimiliki siswa. Dengan menggunakan taksonomi SOLO yang dibagi menjadi 5 yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional dan extended abstrack. Penelitian ini menggunakan penelitian kajian pustaka dengan tujuan memberikan tentang pelevelan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan taksonomi SOLO. Hasil pengumpulan data dari berbagai sumber yang relevan maka dapat diketahui bahwa taksonomi SOLO dapat memudahkan dalam mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis melalui respon yang dimiliki oleh siswa.