Daftar Isi:
  • Perilaku caring perawat merupakan salah satu aspek yang sangat berhubungan dengan pelayanan keperawatan, karena caring mencakup hubungan antar manusia dan berpengaruh terhadap mutu pelayanan dan kepuasan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap. Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua pasien rawat inap kelas III RSI Siti AisyahMadiun.Sampel dalam penelitian ini adalan sebagian pasien di rawat inap kelas III RSI Siti AisyahMadiun sejumlah 37 responden.Pengambilan sampel dengan tehnikpurposive sampling.Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner dan dianalisis menggunaka uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar perawat berperilaku caring baik (64,9%) dengan tingkat kepuasan pasien “puas” (70,3%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III RSI Siti AisyahMadiun. Hasil uji statistic Chi-square diperoleh p value 0,006 dengan menggunakan taraf signifikan α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa perilaku caring perawat dapat mempengaruhi kepuasan pasien.Diharapkan perawat dapat meningkatkan perilaku caring untuk menambah tingkat kepuasan pasien.