UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS XI IPA 4 MAN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: NIHAYAH, LULUK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/843/1/1.%20Halaman%20Awal.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/843/2/2.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/843/3/3.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/843/4/4.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/843/5/5.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/843/6/6.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/843/7/7.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/843/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), Aktivitas Siswa, Prestasi Belajar. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 adalah proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Dalam aktivitas belajar di kelas, siswa cenderung pasif. Siswa masih enggan untuk bertanya apabila mengalami kesulitan memahami materi. Karena aktivitas siswa yang masih kurang ini, maka berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa dapat aktif sekaligus tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Aktivitas dalam pembelajaran ini menekankan pada kesadaran siswa untuk belajar mengaplikasikan pengetahuan, konsep, keterampilan kepada siswa yang membutuhkan dan setiap siswa merasa senang menyumbangkan pengetahuannya kepada anggota lain dalam kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dilaksanakan dengan 2 kali pembelajaran dan 1 kali evaluasi akhir siklus pada pertemuan ke- 2, dan begitu pula pada siklus II. Dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Ponorogo yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa dan tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas siswa ditandai dengan adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas kelas pada siklus I yang diperoleh adalah 53,13% dan pada siklus II menjadi 76,57% yang berarti aktivitas siswa di kelas baik. Selanjutnya, dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 juga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, ditandai dengan adanya peningkatan prestasi siswa pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar yang diperoleh yaitu 62,50%, kemudian naik pada siklus2 menjadi 81,25%. Hal-hal di atas sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.