ctrlnum 8369
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umpo.ac.id/8369/</relation><title>INOVASI PEMBELAJARAN GURU DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK MELALUI MUROJAAH BERBASIS IT DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SABILA PONOROGO</title><creator>Setyowati, Aning</creator><subject>LB2361 Curriculum</subject><description>HALAMAN ABSTRAK&#xD; &#xD; Setyowati, Aning. 2021. &#x201C;Inovasi Pembelajaran Guru Dalam Penanaman Akhlak Pada Anak Melalui Murojaah Berbasis IT Di Masa Pandemi Covid-19 Di TK Sabila Ponorogo&#x201D;. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing:&#xD; (1) Dr. Syarifan Nurjan, M.A, (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd&#xD; &#xD; Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Guru, Penanaman Akhlak &#xD; &#xD; Penanaman Akhlak pada Anak khususnya anak usia dibawah 7 tahun haruslah ada kontak fisik dan memberikan bukti konkrit agar bisa dimengerti dan dipahami. Pandemi covid-19 mengubah proses pembelajaran tersebut mengingat adanya sekat ruang gerak, dan waktu guna memutus mata rantai penyebarannya demi keselamatan jiwa. Oleh karena itu TK Sabila Ponorogo lembaga pendidikan yang berbasis alam, pendidikan Islam dan penanaman Karakter berinovasi mengemas penanaman akhlak dengan Inovasi pembelajaran akhlak berbais IT, agar pendidikan tetap berjalan dan tujuan pendidikan yang telah direncanakan dapat tercapai.&#xD; Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi pembelajaran guru dalam penanaman akhlak pada anak melalui murojaah berbasis IT meliputi beberapa aspek yang bisa diterapkan dalam kondisi khusus ini yaitu aspek murojaah bacaan ibadah, asmaul husna, surat pendek, do&#x2019;a harian, mahfudhot, hadits, aspek penilaian, faktor pendukung dan penghambatnya.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam prosesnya mengamati, menyelidiki, menguraikan data yang didapat dari lapangan dengan menggali dan mengumpulkan data-data yang didapat melalui observasi, wawancara, ikut di dalam proses KBM serta dokumentasi. Data yang didapat kemudian diolah dan disusun sedemikian rupa sesuai fakta di lapangan sehingga tujuan dari penelitian ini terjawab.&#xD; Hasil dari penelitian di TK Sabila Ponorogo, menunjukkan bahwa adanya inovasi pembelajaran guru yang memanfaatkan IT sebagai sarana pembelajaran penanaman akhlak pada anak di masa pandemi covid-19 beserta dampaknya. Inovasi pembelajaran guru tersebut merupakan hal baru yang memanfaatkan gawai HP dalam bentuk tutorial video yang diunggah melalui aplikasi youtube dan whatsapp serta penjelasan tutorial dari video pembelajaran tersebut melalui aplikasi zoom.</description><date>2021-10-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/1/surat%20persetujuan%20unggah%20karya%20ilmiah.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/2/SKRIPSI_halaman%20depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/3/SKRIPSI_bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/4/SKRIPSI_bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/5/SKRIPSI_bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/6/SKRIPSI_bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/7/SKRIPSI_bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/8/SKRIPSI_daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8369/9/SKRIPSI_lampiran.pdf</identifier><identifier> Setyowati, Aning (2021) INOVASI PEMBELAJARAN GURU DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK MELALUI MUROJAAH BERBASIS IT DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SABILA PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. </identifier><recordID>8369</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Setyowati, Aning
title INOVASI PEMBELAJARAN GURU DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK MELALUI MUROJAAH BERBASIS IT DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SABILA PONOROGO
publishDate 2021
topic LB2361 Curriculum
url http://eprints.umpo.ac.id/8369/1/surat%20persetujuan%20unggah%20karya%20ilmiah.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/2/SKRIPSI_halaman%20depan.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/3/SKRIPSI_bab%201.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/4/SKRIPSI_bab%202.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/5/SKRIPSI_bab%203.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/6/SKRIPSI_bab%204.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/7/SKRIPSI_bab%205.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/8/SKRIPSI_daftar%20pustaka.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/9/SKRIPSI_lampiran.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/8369/
contents HALAMAN ABSTRAK Setyowati, Aning. 2021. “Inovasi Pembelajaran Guru Dalam Penanaman Akhlak Pada Anak Melalui Murojaah Berbasis IT Di Masa Pandemi Covid-19 Di TK Sabila Ponorogo”. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Dr. Syarifan Nurjan, M.A, (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Guru, Penanaman Akhlak Penanaman Akhlak pada Anak khususnya anak usia dibawah 7 tahun haruslah ada kontak fisik dan memberikan bukti konkrit agar bisa dimengerti dan dipahami. Pandemi covid-19 mengubah proses pembelajaran tersebut mengingat adanya sekat ruang gerak, dan waktu guna memutus mata rantai penyebarannya demi keselamatan jiwa. Oleh karena itu TK Sabila Ponorogo lembaga pendidikan yang berbasis alam, pendidikan Islam dan penanaman Karakter berinovasi mengemas penanaman akhlak dengan Inovasi pembelajaran akhlak berbais IT, agar pendidikan tetap berjalan dan tujuan pendidikan yang telah direncanakan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi pembelajaran guru dalam penanaman akhlak pada anak melalui murojaah berbasis IT meliputi beberapa aspek yang bisa diterapkan dalam kondisi khusus ini yaitu aspek murojaah bacaan ibadah, asmaul husna, surat pendek, do’a harian, mahfudhot, hadits, aspek penilaian, faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam prosesnya mengamati, menyelidiki, menguraikan data yang didapat dari lapangan dengan menggali dan mengumpulkan data-data yang didapat melalui observasi, wawancara, ikut di dalam proses KBM serta dokumentasi. Data yang didapat kemudian diolah dan disusun sedemikian rupa sesuai fakta di lapangan sehingga tujuan dari penelitian ini terjawab. Hasil dari penelitian di TK Sabila Ponorogo, menunjukkan bahwa adanya inovasi pembelajaran guru yang memanfaatkan IT sebagai sarana pembelajaran penanaman akhlak pada anak di masa pandemi covid-19 beserta dampaknya. Inovasi pembelajaran guru tersebut merupakan hal baru yang memanfaatkan gawai HP dalam bentuk tutorial video yang diunggah melalui aplikasi youtube dan whatsapp serta penjelasan tutorial dari video pembelajaran tersebut melalui aplikasi zoom.
id IOS2857.8369
institution Universitas Muhammadiyah Ponorogo
institution_id 335
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo
library_id 304
collection Repository Universitas Muhammadiyah Ponorogo
repository_id 2857
subject_area Agama
Ekonomi
Kesehatan dan Kedokteran
city PONOROGO
province JAWA TIMUR
repoId IOS2857
first_indexed 2023-02-25T09:12:37Z
last_indexed 2023-05-14T14:53:10Z
recordtype dc
_version_ 1765882163787464704
score 17.538404