PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO
Daftar Isi:
- Pembelajaran daring merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan melalui sistem online atau dengan pemanfaatan alat elektronik. dengan taknis pelaksanaan tidak adanya tatap muka secara langsung antara guru dan siswa atau secara virtual. Dilaksanakannya pembelajaran secara daring dikarenakan untuk menekan jumlah korban Covid-19 agar tidak semakin bertambah. Dalam pelaksanaan pembelajran daring tidak hanya guru yang memiliki peran penting, namun orang tua juga perlu adanya untuk senantiasa mendampingi anak ketika pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pertama ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap siswa MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Kedua, adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap pemahaman belajar aqidah akhlak siswa di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kuantitatif, dalam penelitian ini populasi yang kami gunakan adalah kelas VII dan VIII berjumlah 60 siswa untuk kelas IX tidak kami masukkan karena telah melewati masa kelulusan. Untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini dengan program analisis deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran daring tidak memiliki pengaruh terhadap pemahaman belajar aqidah akhlak siswa di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi atau R Square (R2) sebesar 0,420 atau 42,0% adapun model persamaan regresinya adalah X = 14,440 + 661 x1. (2) Pembelajaran daring memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman belajar aqidah akhlak siswa di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig (0,004) > α (0,05) maka tolak Hi.