IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA PENGGANTI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI STUDY KASUS PADA ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI PEKERJA MIGRAN
ctrlnum |
8043 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umpo.ac.id/8043/</relation><title>IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA PENGGANTI TERHADAP
PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
STUDY KASUS PADA ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI
PEKERJA MIGRAN</title><creator>Surtantiati, Lilis</creator><subject>HQ The family. Marriage. Woman</subject><description>ABSTRAK
Lilis Surtantiati.Implementasi Pola Asuh Orang Tua Pengganti Terhadap
Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Study Kasus Pada Orang Tua
Yang Bekerja Sebagai Pekerja Migran). Skripsi Pendidikan Anak Usia Dini,
Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I Dian Kristiana, M.Pd.,
Pembimbing II Ida Yeni Rahmawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pola asuhpengasuh
pengganti orang yang bekerja sebagai pekerja migran terhadap perkembangan
sosial emosional anak usia dini, dan juga untuk mengetahui dampak positif dan 
negatif implementasi pola asuh pengasuh pengganti orang tua yang bekerja sebagai 
pekerja migran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini, di Desa 
Kunti, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian menggunakan
metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Untukkeabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan 
triangulasi teknik. Datadianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan 
langkah-langkahreduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi pola
asuh orang tua yang bekerja sebagai pekerja migran menggunakan pola asuh:
1) Otoriter bersifat keras, serta memberikan aturan yang ketat terhadap anak,2)
Persisif bersifat mengabaiakan, membebaskan anak,3) Demokratis bersifat
memperhatikan anak, selalu mendorong dan memotivasi anak. Adapun dengan
gaya pengasuhan tersebut memberiakan dampak positif dan negatif terhadap
perkembangan sosial emosional anak yaitu:1) Anak dengan gaya asuhan otoriter
dampak positifnya anak menjadi lebih disiplin, dampak negatifnya tidak bahagia,
takut, lemah pergaulan, kurang inisiatif, sulit berkomunikasi, 2) Anak dengan gaya 
asuhan permisif dampak positifnya anak mudah mengembangkan kreatifitas, bakat, 
dan mampu berinovasi, dampak negatifnya kemandirian anak kurang, 3) Anak 
dengan gaya asuhan demokratis dampak positifnya anak ceria, pengendaliandiri 
kuat, berorientasi pada prestasi, dampak negatifnya jika pengasuh tidak ada waktu
berkomunikasi, membuat emosi anak kurang stabil sehingga terjadi perselisihan.
Kata Kunci: Pola Asuh, Pengasuh Pengganti, Sosial Emosional AUD</description><date>2021-09-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/9/SURAT%20PERSETUJUAN%20UNGGAH%20KARYA%20ILMIAH-1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/6/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umpo.ac.id/8043/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Surtantiati, Lilis (2021) IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA PENGGANTI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI STUDY KASUS PADA ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI PEKERJA MIGRAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. </identifier><recordID>8043</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Surtantiati, Lilis |
title |
IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA PENGGANTI TERHADAP
PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
STUDY KASUS PADA ORANG TUA YANG BEKERJA SEBAGAI
PEKERJA MIGRAN |
publishDate |
2021 |
topic |
HQ The family. Marriage. Woman |
url |
http://eprints.umpo.ac.id/8043/9/SURAT%20PERSETUJUAN%20UNGGAH%20KARYA%20ILMIAH-1.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/6/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/1/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/2/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/3/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/5/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/8043/ |
contents |
ABSTRAK
Lilis Surtantiati.Implementasi Pola Asuh Orang Tua Pengganti Terhadap
Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Study Kasus Pada Orang Tua
Yang Bekerja Sebagai Pekerja Migran). Skripsi Pendidikan Anak Usia Dini,
Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I Dian Kristiana, M.Pd.,
Pembimbing II Ida Yeni Rahmawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pola asuhpengasuh
pengganti orang yang bekerja sebagai pekerja migran terhadap perkembangan
sosial emosional anak usia dini, dan juga untuk mengetahui dampak positif dan
negatif implementasi pola asuh pengasuh pengganti orang tua yang bekerja sebagai
pekerja migran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini, di Desa
Kunti, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian menggunakan
metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Untukkeabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Datadianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan
langkah-langkahreduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi pola
asuh orang tua yang bekerja sebagai pekerja migran menggunakan pola asuh:
1) Otoriter bersifat keras, serta memberikan aturan yang ketat terhadap anak,2)
Persisif bersifat mengabaiakan, membebaskan anak,3) Demokratis bersifat
memperhatikan anak, selalu mendorong dan memotivasi anak. Adapun dengan
gaya pengasuhan tersebut memberiakan dampak positif dan negatif terhadap
perkembangan sosial emosional anak yaitu:1) Anak dengan gaya asuhan otoriter
dampak positifnya anak menjadi lebih disiplin, dampak negatifnya tidak bahagia,
takut, lemah pergaulan, kurang inisiatif, sulit berkomunikasi, 2) Anak dengan gaya
asuhan permisif dampak positifnya anak mudah mengembangkan kreatifitas, bakat,
dan mampu berinovasi, dampak negatifnya kemandirian anak kurang, 3) Anak
dengan gaya asuhan demokratis dampak positifnya anak ceria, pengendaliandiri
kuat, berorientasi pada prestasi, dampak negatifnya jika pengasuh tidak ada waktu
berkomunikasi, membuat emosi anak kurang stabil sehingga terjadi perselisihan.
Kata Kunci: Pola Asuh, Pengasuh Pengganti, Sosial Emosional AUD |
id |
IOS2857.8043 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Ponorogo |
institution_id |
335 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo |
library_id |
304 |
collection |
Repository Universitas Muhammadiyah Ponorogo |
repository_id |
2857 |
subject_area |
Agama Ekonomi Kesehatan dan Kedokteran |
city |
PONOROGO |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS2857 |
first_indexed |
2023-02-25T09:12:35Z |
last_indexed |
2023-05-14T14:53:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765882162562727936 |
score |
17.538404 |