Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan penyelenggaraan, upaya penanaman karakter religius siswa dan menjelaskan tentang karakter religius siswa terhadap ekstrakurikuler Tapak Suci. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yaitu studi kasus. Sumber data diambil dari kata-kata dan tindakan dari informan yaitu siswa, guru, pelatih dan data hasil dari observasi serta dokumentasi di MI Muhammadiyah Dolopo Madiun. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan antara lain penyelenggaraan Tapak Suci di MI Muhammadiyah Dolopo Madiun penuh dengan nilai religiu; penanaman karakter religius siswa pada kegiatan Tapak Suci dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu salat ashar berjemaah tepat waktu, melafalkan dua kalimat syahadat, pembacaan doa sebelum dan sesudah latihan, kata-kata motivasi keagamaan dari pelatih, penyampaian materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan, dan penjelasan tentang tokoh teladan kepada siswa; penerapan karakter religius siswa yang mengikuti Tapak Suci yaitu salat berjemaah, pengamalan nilai amanah, dan nilai sopan santun terhadap guru.