Daftar Isi:
  • ABSTRAK HUBUNGAN POLA ASUH DOMINAN ORANGTUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK Oleh: Ratih Purbaning Tyas Pola asuh orangtua yang baik dan tepat sangat penting bagi anak. Anak yang diasuh dengan cara yang salah akan mempengaruhi kemampuan emosionalnya. Karena hal tersebut penulis tertarik menganalisis jurnal dengan ujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dan kecerdasan emosional anak usia sekolah dan usia pra sekolah. Metode penelitian adalah Artikel Literature Review. Sumber data menggunakan database melalui Google Scholar, Science Direct dan Proquest untuk menemukan artikel sesuai kriteria inklusi dan ekslusi kemudian dilakukan review. Hasil dari Literature Review ini yang pertama yaitu pada anak usia pra sekolah, dari empat jurnal dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang paling efektif bagi kecerdasan emosional anak usia pra sekolah adalah pola asuh demokratis. Walaupun pola asuh otoriter dan permisif juga dapat berpengaruh bagi kecerdasan emosional anak tetapi dalam kategori sedang. Yang kedua pada anak usia sekolah, dari empat jurnal dapat disimpulkan bahwa dua jurnal membahas keefektifan pola asuh demokratis dah hasilnya menunjukkan pegaruh yang positif antara pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional. Sedangkan dua jurnal yang lain hanya membahas mengenai hubungan pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia sekolah, yang hasilnya efektif dan signifikan. Dari analisis beberapa jurnal tersebut dapat disimpulkan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dan kecerdasan emosional anak usia pra sekolah dan usia sekolah. Kata Kunci : Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Anak