STUDI PENGARUH PENGGUNAAN PORTING DIMPLE TERHADAP ALIRAN TURBULENSI PADA INTAKE MANIFOLD HONDA REVO 110CC MENGGUNAKAN KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan guna mengetahui efisiensi dari modifikasi intake manifold terutama pada intake manifold Honda Revo 110cc. Hal dikarenakan banyaknya intake manifold aftermarketyang menggunakan teknik dimple dalam pembuatan intake manifold.Pada modifikasi intake manifold menggunakan 3 varianyaitu intake manifold standart, intake manifold dengan dimple renggang atau jarak antar dimple 3mm, dan porting dimple rapat dengan kerapatan 0mm antar dimple. Pengujian kali ini menggunakan metode simulasi CFD berlisensi student. Menggunakan input 1 atm pada outlet 1 atm dan 10 mmHg pada outlet 2 dengan tujuan peneliti selanjutnya lebih mudah dalam melakukan pengetesan model Flowbench. Pada intake manifold standart diperoleh hasil bilangan reynold pada output sebesar 155665.0 dan laju aliran sebesar 744.238〖cm〗^3/s. Sedangkan pada intake manifold dengan porting renggang mendapat bilanganreynold sebesar 156784.0 dan nilai laju aliran paling tinggi sebesar 843.069 〖cm〗^3/s. Dan terakhir ada intake manifold menggunakan dimple rapat, pada model ini mendapatkan bilangan reynold sebesar 157345.0 dan laju aliran sebesar 773.016 〖cm〗^3/s.