ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, KELOMPOK ACUAN, DAN KELAS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO( STUDI KASUS PADA MAHASISWA SEMESTER 4 PROGRAM STUDI MANAJEMEN TAHUN 2019/2020)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian, (2) Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian, (3) Pengaruh Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian, (4) Pengaruh secara simultan Gaya hidup, Kelompok Acuan dan Kelas sosial terhadap Keputusan Pembelian.(Studi Pada Mahasiswa Semester 4 Program Studi Manajemen Tahun 2019/2020). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Semester 4 Program Studi Manajemen Tahun 2019/2020 yang berjumlah 142 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan dibantu dengan aplikasi SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga variabel yaitu Gaya hidup, Kelompok Acuan dan Kelas sosial mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian di UNMUH Ponorogo. Pengaruh signifikan terbesar terhadap Keputusan Pembelian pada Mahaiswa UNMUH Ponorogo adalah pada variabel Gaya hidup dengan koefisien standar beta sebesar 0,351 kemudian diikuti oleh variabel Kelompok Acuan dengan koefisien beta sebesar 0,228 selanjutnya variabel Kelas Sosial dengan koefisien beta sebesar 0,194. Dari hasil analisis tersebut dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Gaya Hidup merupakan faktor paling dominan yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap kecenderungan Mahasiswa melakukan Keputusan Pembelian di UNMUH Ponorogo. Secara simultan ketiga variabel Gaya hidup, Kelompok Acuan dan Kelas sosial berpengaruh terhadap Keputusan Pmebelian di Universitas Muhammadiyah Ponorogo Program Studi Manajemen sebesar 32,8%.