PENYUSUNAN INSTRUMEN ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT BERDASARKAN TEORI KASTOLAN
Main Author: | Nur Rochman, Rizal |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL EDUPEDIA
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/7514/1/surat%20peresetujuan.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7514/3/Artikel.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7514/4/Referensi.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7514/5/LoA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7514/9/Halaman%20Depan.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7514/ http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membahas penyusunan instrumen analisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika menyelesaikan soal-soal matematika, khususnya pada materi Persamaan Kuadrat dengan teori Kastolan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka pustaka yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menyimpulkan data sesuai literatur pendukung. Kesalahan adalah kondisi dimana siswa mengerjakan soal mengalami kesalahan dalam memahami dan menyelesaikan soal yang diberikan. Penting untuk mengetahui jenis kesalahan. Hal ini untuk mencegah siswa melakukan kesalahan .Berdasarkan teori kastolan ada 3 jenis kesalahan yaitu konseptual, prosedural dan teknik. Dalam penyelesaian soal persmaaan kuadrat dimungkinkan terjadi 3 kesalahan tersebut. Kesalahan konseptual terjadi ketika siswa mengalami ketidakmampuan dalam dalam menyatakan bentuk variabel a,b dan c serta menulis rumus abc, rumus determinan dan langkah kuadrat sempurna . Kesalahan prosedural terjadi ketika siswa tidak mampu menyelesaikan dengan metode rumus abc, rumus determinan dan cara kuadrat sempurna dalam menyelesaikan soal, serta siswa tidak bisa menyederhanakan ke bentuk paling sederhana. Kesalahan teknik terjadi ketika siswa tidak mampu memberikan atau menuliskan hasil dari penyelesaian soal persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc, rumus determinan dan cara kuadrat sempurna , serta siswa tidak mampu mengitung dari awal pengerjaan dengan hingga akhir ketika mengtihung langkah-langkah rumus abc, rumus determinan dan cara kuadrat sempurna.Sehingga dapat dibuat instrumen dengan jenis tes yang dapat menguji dan mengetahui jenis kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal persamaan kuadrat.