PENERAPAN METODE NAIVE BAYES SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM MENGANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS :TOKO MURNI 1 PONOROGO)
Daftar Isi:
- PENERAPAN METODE NAIVE BAYES SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM MENGANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS :TOKO MURNI 1 PONOROGO) Danar Eko Prasetyo Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo Email : danarek91@gmail.com Abstrak Pada era digitalisasi ini para pemegang usaha dipaksa untuk berkompetisi dalam segi apapun dalam rangka menarik pelanggan. Dari hari ke hari kebutuhan fashion di Indonesia semakin meningkat, pemegang usaha dituntut menyediakan pakaian/busana yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena ini berdampak meningkatkan kepuasan pelanggan. Toko Murni 1 Ponorogo merupakan usaha tekstil yang menyediakan berbagai macam kebutuhan busana harian sampai pesta dengan banyak varian pilihan yang berkomitmen mengutamakan kepuasan pelanggan. beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No.25, Bangunsari, Banyudono, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Toko Murni 1 mempunyai cabang yang bernama toko murni 2 yang beralamat di Jl. Pahlawan No.13, Bangunsari, Banyudono, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, pada Toko Murni 1 Ponorogo, pada sistem sebelumnya sudah terdapat ulasan penilaian kepuasan pelanggan namun belum terstruktur, dengan masih adanya beberapa pelanggan yang menyampaikan keluhan secara langsung ke pihak toko. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan studi literatur dan kuesioner yang jumlah yang berpatisasi mengisi berjumlah 100 record. Data kuesioner diolah dengan proses cleaning sehingga data terdiri atas kelas dan label. Pengujian data menggunakan metode naïve bayes dalam rangka menganalisa tingkat kepuasan pelanggan pada toko murni 1 Ponorogo. Proses perhitungan secara manual dan dengan aplikasi yang dibuat menghasilkan tingkat akurasi yang sama yaitu berjumlah 85% . Kata Kunci : Analisa, Naïve Bayes, Kepuasan Pelanggan