PENGARUH MOTIVASI KUALITAS, MOTIVASI KARIR, MOTIVASI EKONOMI, MOTIVASI SOSIAL, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Main Author: Aulia Maharani, Elsa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/7353/1/surat%20persetujuan%20unggah%20karya%20ilmiah.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/3/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/4/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/6/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/7/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/7353/
Daftar Isi:
  • motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi sosial, dan biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi angkatan 2017 dengan jumlah 133 responden. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, serta menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode uji koefisien secara parsial (uji t), uji F dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian menunjukkan hipotesis pertama yaitu motivasi kualitas (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAK. Artinya semakin tinggi motivasi kualitas, maka semakin tinggi minat mahasiswa mengikuti PPAK. Hipotesis kedua yaitu motivasi karir (X2) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAK. Artinya semakin tinggi motivasi karir, maka semakin tinggi minat mahasiswa mengikuti PPAK. Hipotesis ketiga yaitu motivasi ekonomi (X3) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAK. Artinya semakin tinggi motivasi ekonomi, maka semakin tinggi minat mahasiswa mengikuti PPAK. Hipottesis keempat yaitu motivasi karir (X4) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAK. Artinya semakin tinggi motivasi sosial, maka semakin tinggi minat mahasiswa mengikuti PPAK. Hipotesis kelima yaitu biaya pendidikan (X5) mempunyai pengaruh negative signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAK. Artinya semakin tinggi biaya pendidikan yang dikeluarkan maka minat mahasiswa mengikuti PPAK semakin rendah.