PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DAN DISPLAY PRODUCT TERHADAP IMPULSE BUYING (SURVEY PADA KONSUMEN MOKKO FACTORY PONOROGO)
Daftar Isi:
- Para pengusaha minuman maupun makanan yang sudah lebih dahulu terjun di dunia perdagangan kini mengalami penurunanan penjualan dengan adanya kebijakan untuk membataskan aktivitas masyarakat yang dikatakan dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pada masa kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat tersebut, para pengusaha harus menyadari dan lebih memikirkan strategi untuk bertahan yaitu dengan mengurangi pengeluaran dan tetap mendapatkan laba. Sehingga bisa melewati pandemic ini sampai ada masa kebijakan berakhir dan kembali seperti semula. Mengubah pola pikir pengusaha, dimana yang sebelumnya pendapatan minim harus berubah menjadi maksimal, yaitu dengan cara mengetahui pola belanja masyarakat setempat yang didukung dengan berbagai cara promosi untuk menarik pembelian dalam jumlah banyak di masa pandemi covid. Melalui strategi yang diberikan oleh Mokko Factory antara lain : Price Discount, Bonus Pack, Display Product. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif, dengan memakai teknik probability sampling yakni simple random sampling dalam mengambil sampel kasus ini yakni 96 responden. Untuk memperoleh data uji, penulis membuat angket/kuesioner dalam mengumpulkan data uji. Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis data yakni ujiiasumsiiklasik, uji regresii linearrberganda, ujiivaliditas, ujiiT, dannuji F. Hasil penelitian ini yaitu (1) variabel X1 Price Discount terhadap Impulse Buying (Y) mempunyai koefisien regresi sebesar 0,312. Dengan nilai thitung 3,084 lebih sebesar dari pada ttabel 1,986 (3,084>1,986) hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengruh secara parsial antara variabel Price Discount(X1) terhadap Impulse Buying (Y). (2) variabel X2 Bonus Pack terhadap Impulse Buying (Y) mempunyai koefisien regresi sebesar 0,339. Dengan nilai thitung 2,660 lebih sebesar dari pada ttabel 1,986 (2,660 > 1,986) hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengruh secara parsial antara variabel Bonus Pack (X2) terhadap Impulse Buying (Y). (3) variabel X3 Display Product terhadap Impulse Buying (Y) mempunyai koefisien regresi sebesar 0,314. Dengan nilai thitung 0,290 lebih sebesar dari pada ttabel 1,986 (3,148 > 1,986) hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengruh secara parsial antara variabel Display Product (X1) terhadap Impulse Buying (Y). (4) variabel X1 Price Discount, variabel X2 Bonus Pack, dan variabel Display Product (X1) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap Impulse Buying (Y) sebesar 12,048.